Ustadku

Cerminan Diri - Tampilan Fisik Bisa Menipu!

Assalamualaikum wr. Wb

Sahabat ustad yang dirahmati Allah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang  telah memberikan karunianya kepada kita semua. Shalawat dan salam marilah kita panjatkan  kepasa nabi agung Muhammad saw.

Setiap manusia pasti menilai seseorang dari penampilanya, penampilan seseorang yang soleh biasanya dengan jengot panjang, baju berjubah, kalau perempuan dia seorang muslimah yang menutup aurat,  pendapat itu tidak sepenuhnya salah tapi tidak sepenuhnya benar, kenapa? Karena seseorang itu sebenernya bisa kita lihat dari apa yang dia katakan dan apa yang dia lakukan.

Secangkir gelas yang berisi kopi kita tuang yang akan keluar adalah kopi, dan jika ada gelas yang berisi susu, maka yang akan keluar adalah susu, jika yang di dalam gelah adalah air comberan maka yang akan keluar adalah air comberan. Apa yang kamu keluarkan dari mulutmu, apa yang di keluarkan dari tingkahlakumu mencerminkan tingkah lakumu, mencerminkan isi kepalamu. Maka hati-hatilah dengan apa yang kita sampaikan, karena orang tidak bisa menipu, janganlah kita melihat seseorang hanya dari tampilan fisik, karena tampilan fisik bisa menipu, yang tidak bisa menipu adalah apa yang keluar dari mulutnya."

Jika seseorang terjatuh dan yang keluar dari mulutnya adalah astagfirullah, Allahuakbar, berarti yang ada dikepalanya adalah seperti apa yang dia katakana, tapi jika orang yang jatuh dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas, maka kalimat tersebut mencerminkan isi kepalanya, tidak bisa bohong dan tidak bisa dusta, apa yang keluar dari lisan kita mencerminkan isi kepala kita, oleh karna itu ada hal penting yang harus kita perhatikan bahwa, agar keluar susu berarti yang harus kita masukan adalah susu, agar kalimat Allah dan kalimat baik lainya keluar maka yang harus masuk ke pikiran kita adalah hal-hal yang baik.

Seseorang yang ingin tingkah lakunya baik, perkataanya baik, dapet jodoh yang baik, keluarga yang baik, bisnis yang baik dan semua yang baik, maka mulai hari ini biasakan yang  masuk adalah hal baik-baik. Catatan yang pertama adalah harus memperhatikan apa yang masuk, mulai dari uang, harta, makanan , dan semua hal yang baik dan halal, maka yang keluar  in shaa Allah adalah hal yang baik-baik. Apa yang masuk dalam kepala kita akan mencerminkan apa yang keluar dari lisan kita.

Catatan yang kedua, jika seseorang sudah paham apa yang masuk maka itu yang keluar, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah orang itu harus rajin datang ke majelis ilmu. Dengan rajin kemajelis ilmu seluruh tingkah laku dan pikiranya akan di bimbing oleh Allah SWT, Maka setiap tingkah lakunya dia akan melakukan hal-hal baik,dia akan lebih sering bersedekah, lebih tepat waktu lagi dalam solatnya, akan lebih sering membaca qur’an,dia akan lebih sering membantu saudaranya yang kesusahan, kenapa seseorang bisa berbuat demikian, itu karena dia rajin menuntut ilmu, selain kita perhatikan apa yang masuk dalam diri, pikiran,dan benak kita, kita juga harus rajin ke majelis ilmu, karna apa yang kita kaji apa yang masuk dalam pikiran kita akan sesuai dengan apa yang kita fikirkan.