Ustadku

Pahala Bagi Orang Yang Menahan Amarah

Pahala Besar Bagi Yang Menahan Amarah dan Memaafkan

 

Sahabat ustadku yang dirahmati oleh Allah SWT, semoga kita selalu mendapatkan rezeki yang terbaik dan selalu dilimpahkan keberkahan yang terbaik darinya.

Alquran secara tegas dan terang-terangan menyerukan umat Islam untuk menahan amarah. Alquran juga menyerukan umat Islam untuk memaafkan kesalahan orang lain. Hal ini semata-mata untuk kebaikan umat Islam itu sendiri.

Dalam sudut pandang Islam, marah merupakan bencana yang merusak akal. Ketika hati dalam kondisi lemah, maka setan dan bala tentaranya melakukan serangan. Pada saat manusia marah, maka setan mempermainkan melalui kemarahannya itu, sebagaimana anak kecil yang mempermainkan bola. Telah disebutkan bahwa sebagian para wali, berkata pada iblis: “Tunjukkanlah padaku, bagaimana anda mempermainkan anak cucu Adam?” Iblis berkata: “Aku kuasai dan aku permainkan dia disaat sedang marah dan memperturutkan kesenangan hawa nafsunya”. Naudzubillah

Dalam al-Qur’an, Allah telah meyinggung orang-orang yang telah menahan marah dan selalu memaafkan kesalahan  adalah salah satu ciri-ciri penghuni surga, yang berbunyi:

 

الَّذِينَيُنْفِقُونَفِيالسَّرَّاءِوَالضَّرَّاءِوَالْكَاظِمِينَالْغَيْظَوَالْعَافِينَعَنِالنَّاسِوَاللَّهُيُحِبُّالْمُحْسِنِينَ

“(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran: 134)

 

Ayat ini mengingatkan pada sebuah kisah budak dari ‘Ali bin Al-Husain rahimahullah, ketika itu ia menuangkan air pada ‘Ali untuk persiapan shalat. Tiba-tiba wadah yang digunakan itu jatuh lalu pecah lantas melukai tuannya (‘Ali). ‘Ali lantas mengangkat kepala dan memandang budak wanita itu. Budak itu lantas mengatakan, ingatlah Allah berfirman,

 

 “(Ciri-ciri penghuni surga adalah) orang-orang yang menahan amarahnya.”‘Ali berkata, “Aku tidak jadi memarahimu.” Terus budak itu membacakan lagi,  “(Ciri-ciri penghuni surga adalah) dan mema’afkan (kesalahan) orang.”‘Ali berkata, “Saya sudah memaafkanmu.” Terus budak itu membacakan lagi, “Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

‘Ali berkata, “Sekarang engkau bebas (merdeka).”(HR. Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman, 10: 545, dinukil dari Tafsir Az-Zahrawain, hlm. 723)

 

Ada lima kiat Nabi Muhammad SAW yang dapat kita amalkan sebagai pertahanan diri amarah yang memuncak, yaitu:

 

Membaca ta’awudz, meminta perlindungan pada Allah dari godaan setan

Meminta tolong pada Allah agar dilindungi dari setan sesuai dengan dalil-dalil berikut, akan terlihat jelas bahwa marah bisa dari setan. Maka kita mengamalkan firman Allah dari ayat berikut,

وَإِمَّايَنْزَغَنَّكَمِنَالشَّيْطَانِنَزْغٌفَاسْتَعِذْبِاللَّهِۚإِنَّهُسَمِيعٌعَلِيمٌ

“Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar Maha Mengetahui.” (QS. Al-A’raf: 200)

 

Diam

Karena yang namanya marah itu jika keluar bisa jadi keluar kata-kata yang tidak Allah ridhai. Selamatnya manusia dalam menahan amarah juga karena Menjaga Lisannya. Ada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad,

وَإِذَاغَضِبَأَحَدُكُمْفَلْيَسْكُتْ

“Jika salah seorang di antara kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad, 1: 239. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan lighairihi).

 

Berganti posisi

Dari Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

إِذَاغَضِبَأَحَدُكُمْ  وَهُوَقَائِمٌفَلْيَجْلِسْ،فَإِنْذَهَبَعَنْهُالْغَضَبُ،وَإِلاَّفَلْيَضْطَجِعْ

“Bila salah satu di antara kalian marah saat berdiri, maka duduklah. Jika marahnya telah hilang (maka sudah cukup). Namun jika tidak lenyap pula maka berbaringlah.” (HR. Abu Daud, no. 4782. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

 

Mengambil air wudhu

Dari Athiyyah As-Sa’di radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّالْغَضَبَمِنْالشَّيْطَانِوَإِنَّالشَّيْطَانَخُلِقَمِنْالنَّارِوَإِنَّمَاتُطْفَأُالنَّارُبِالْمَاءِفَإِذَاغَضِبَأَحَدُكُمْفَلْيَتَوَضَّأْ

“Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu.” (HR. Abu Daud, no. 4784. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

 

Ingat wasiat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam menahan amarah

Dari Abu Ad-Darda’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Wahai Rasulullah tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan dalam surga.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, 

لاَتَغْضَبْوَلَكَالْجَنَّةُ

“Janganlah engkau marah, maka bagimu surga.” (HR. Thabrani dalam Al-Kabir. Lihat Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, hadits ini shahih lighairihi).

 

Itulah keutamaan menahan amarah dan memaafkan yang akan mendapatkan pahala besar bagi yang menjalankan. Semoga kita termasuk ke dalam orang yang mampu menahan amarah dan mudah memaafkan sesama. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.