Ustadku

Orang-Orang yang Dirindukan Surga

Orang-Orang Yang Dirindukan Surga

 

Sahabat ustadku yang dirahmati oleh Allah SWT, semoga kita selalu mendapatkan rezeki yang terbaik dan selalu dilimpahkan keberkahan yang terbaik darinya. 

Surga merupakan tempat yang diciptakan oleh Allah khusus untuk orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya dengan segenap hati dan jiwaraga. 

Bisa dipastikan bahwa cita-cita setiap muslim selain menginginkan keridhoan Allah SWT setiap Muslim juga menginginkan tinggal didalam surga untuk selamanya.  

Namun, bukan hanya orang yang beriman saja yang merindukan surga ternyata surga juga bisa merindukan empat golongan orang yang beriman seperti ini. Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW bersada: 

 "Surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Al-quran, orang yang memelihara lisan dari ucapan keji dan munkar, orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa di bulan ramadan," (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi) 

Pada hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa ada empat golongan orang yang dirindukan oleh surga. 

 

Pertama Orang-orang yang senantiasa membaca Al-Qur’an.

Al-Qur’an merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman umat manusia, bahkan begitu besarnya pahala orang yang membaca Al-Qur’an sehingga setiap huruf yang dibaca akan dibalas dengan 10 kebaikan, apalagi di bulan Ramadhan ini, Allah SWT akan melipatgandakan setiap huruf yang dibaca.

Kedua, Orang-orang yang sering menjaga lisannya.

Golongan kedua ini yaitu mereka yang selalu menjaga lisannya, seperti pepatah mengatakan lidah lebih tajam daripada pedang, bahkan perkataan negatif yang berasal dari lidah bisa menyakiti orang lain dan bahkan membuat puasa kita menjadi sia-sia. Apabila kita mampu menjaga lisan begitu banyak kenikmatan yang akan di peroleh.

Ketiga, orang-orang yang memberikan makan kepada orang yang lapar.

Golongan selanjutnya yang juga dirindukan oleh surga yaitu orang-orang yang memberikan makan kepada orang yang kelaparan. Ketika kita memberikan makanan kepada orang-orang yang berpuasa niscaya Allah akan memberikan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa.

Keempat, Orang-orang yang berpuasa di bulan suci Ramadhan.

Golongan terakhir ini yang dirindukan oleh Surga-Nya Allah yaitu mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan. Di bulan yang mulia ini tidak hanya dipenuhi oleh berkah, rahmat dan ampunan dari Allah saja, akan tetapi Allah juga akan menjanjikan kepada kita pembebasan dari panasnya api neraka.

Umat Islam yang hadir pada kesempatan itu merasa termotivasi untuk melakukan hal-hal baik demi untuk sedapat mungkin termasuk ke dalam empat golongan yang disampaikan oleh penceramah. 

 

Itulah empat golongan orang yang dirindukan oleh surga, semoga kita dapat termotivasi untuk melakukan hal-hal baik demi untuk sedapat mungkin termasuk ke dalam orang-orang yang dinanti-nantikan kehadirannya oleh surga. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.