Ustadku

Tujuh Dosa Yang Membinasakan

Sahabat ustadku yang dimuliakan oleh Allah SWT, semoga kita semua selalu berada dalam lindungan dan selalu mendapatkan berkah darinya.

Di dunia, ini ada tujuh dosa yang membinasakan. Saking buruknya, dosa-dosa tersebut tidak akan diampuni oleh Allah Swt.

Nabi Muhammad pernah bersabda, ’Tinggalkanlah tujuh dosa yang membinasakan.”

 

Dosa Syirik

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa selain syirik bagi siapa yang ia kehendakiNya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (An Nisaa: 48)

Firman Allah Swt dalam QS An-Nisaa di atas mengisyaratkan bahwa Allah membuka pintu ampunan selebar-lebarnya bagi pendosa apapun namun tidak untuk dosa syirik. Karena pertama, syirik adalah bentuk kedurhakaan seorang makhluq kepada khaliq. Kedua, syirik sudah termasuk dalam kategori dosa tertinggi dari dosa apapun menurut Quran dan sunnah yang ganjarannnya adalah neraka, apabila si musyrik tidak menyadari dan bertaubat dari dosa-dosa syiriknya.

 

Praktik Ilmu Sihir

Dosa ini dianggap sederajat lebih besar dibandingkan dengan dosa syirik. Dosa syirik dilakukan atas dasar pengingkaran, sedangkan dosa sihir dilakukan atas dasar musrik dan dapat menyakiti orang lain.

Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaithan-syaithan pada masa kerajaan Sulaiman dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir. Padahal Sulaiman tidak kafir hanya syaithan-syaithanlah yang kafir.” (Surat Al-Baqarah ayat 102)

 

Dosa Membunuh

Membunuh sesama muslim adalah termasuk dosa besar baik dihadapan Allah dan tercela dihadapan manusia. Tidak hanya sesama manusia, mengambil nyawa makhluk hidup lainnya dengan maksud jahat pun termasuk dalam dosa membunuh. Islam sangat mengatur hak-hak tiap muslim agar dapat hidup secara tentram dan saling menghargai hak-hak tersebut. Tak hanya sesama muslim, kepada kaum kafir yang jika si pembunuh ada perjanjian damai pun Allah mengatur ganjaran yang harus dilakukan si pembunuh tersebut. 

 

Pada surat Ali-Imran ayat 21 tertulis:

Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang tidak dibenarkan dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil. Maka gembirakanlah bahwa mereka akan menerima siksa yang pedih.

 

Dosa Riba

Riba termasuk dosa yang membinasakan karena dapat menyakiti orang lain.

Allah Swt. berfirman, “Hai orang orang yang beriman, bertakwalah pada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman.” (Surat Al-Baqarah ayat 278)

 

Dosa ini berlipat ganda bila dilakukan pada orang-orang yang lebih membutuhkan dari kita.

Dosa Memakan Harta Anak Yatim

Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah baligh) harta diantara mereka. Jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar” begitulah isi surat An-Nisaa ayat 2.

 

Memakan harta anak yatim hukumnya haram bagi setiap umat muslim. Dalam Al-Qur’an, hal ini digambarkan seperti memakan api panas yang kelak akan membinasakan diri kita sendiri.

Dosa Lari dari Peperangan

Hal ini dijelaskan di surat Al-Anfaal ayat 15.

Hai orang-orang yang beriman apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir yang sedang menyerangmu maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur).

Menurut firman Allah Swt., lari dari peperangan diibaratkan seperti berjuang di jalan Allah namun lari karena takut mati. Dalam hal ini, Allah sangat tidak suka terhadap muslim yang berkepribadian mudah menyerah seperti ini.

 

Dosa Menuduh Wanita Mukmin Berzina

Merupakan dosa besar bagi para umat muslim yang menuduh wanita baik-baik sudah berzina. Allah Swt. sangat melaknat umatnya yang senang menyebarkan fitnah. Ganjaran untuk orang-orang yang berani melukai wanita mukmin sholeh adalah tertimpa laknat serta azab besar di dunia dan akhirat seperti yang disebutkan pada surat An-Nuur ayat 23.

Sesunguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik lagi beriman (berbuat zina), mereka tertimpa la’nat dunia dan akhirat dan bagi mereka azab yang besar.

 

Itulah tujuh dosa yang dapat membinasakan. Semoga kita selalu dilindungi dan terhindar dari perbuatan-perbuatan dosa tersebut. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.