Ustadku

Ramadan Bulan Penuh Rahmat dan Ampunan

Sahabat ustadku yang dirahmati oleh Allah SWT, semoga kita selalu dalam lindunganNya dan mendaptakan keberkahan dariNya.

Marhaban ya Ramadan, sahabat ustadku sekarang kita sudah berjumpa kembali dengan bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan. Bulan Ramadan adalah bulan terbaik untuk seluruh umat muslim saling belomba dalam memperbanyak pahala.

Berpuasa merupakam hal wajib yang dilakukan oleh seluruh umat muslim, sebagaimana yang dijelaskan dalam firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Bulan puasa merupakan salah satu rukun Islam, untuk itulah puasa Ramadan sangat bermakna bagi setiap umat muslim. Puasa adalah dimana kita menahan diri dari rasa lapar dan haus, tapi bukan hanya itu, saat puasa kita juga harus bisa menahan emosi seperti napsu dan amarah berlebihan yang dapat merusak pahala puasa itu sendiri.

Bulan ini adalah bulan yang sangat dipenuhi dengan keberkahan, saat semua amalan baik kita akan dihitung berkali-kali lipat. Jika kita melaksanakan puasa secara ikhlas dan sungguh-sungguh dengan penuh keimanan, diyakini dapat menghapus dosa yang telah lalu, seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis dimana Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa yang berpuasa Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Maulim)

Banyak hal menakjubkan yang terjadi saat bulan Ramadan, selain mendapat banyak pahala, harus diketahui jika saat ramadan, semua setan-setan dibelenggu. Pintu surga dibuka lebar sedangkan pintu neraka ditutup, seperti dalam sebuah hadis, dimana Rasulullah SAW. bersabda,

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadan. Bulan yang penuh berkah. Di dalamnya, Allah mewajibkan puasa bagi kalian, pintu-pintu Surga dibuka lebar, pintu-pintu Neraka ditutup rapat, setan-setan dibelenggu. Di dalamnya juga terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan; barang siapa yang tidak mendapatkan kebaikannya, sungguh ia tidak mendapatkan kebaikan." (HR. Ahmad, Al-Baihaqi, dan Al-Nasâ’i)

Maka alangkah baiknya bagi kita untuk tidak menyia-nyiakan setiap detik di bulan ramadan ini. Selalu berbuat kebaikan, memperbanyak sedekah, memperbanyak membaca Al-Qur’an, ibadah-ibadah sunnah, dan amal kebaikan lainnya. Sangatlah merugi bagi orang-orang yang melewatkan bulan suci ini dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna ataupun melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang muslim.

Bulan Ramadan, bulan di mana turunya kitab suci Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad, dimana hal ini dijelasakan dalam firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…...”

Betapa mulianya bulan suci ini, kita selalu dilimpahkan rahmat dan keberkahan yang tidak ada habisnya. Untuk itu, marilah kita mengisi bulan Ramadan ini dengan hal yang berguna dan bermanfaat. Jauhkan diri dari hal yang membatalkan puasa dan dilarang oleh Allah SWT. Semoga bulan ini bisa mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk banyak orang.

Wasalamuallaikum wr, wb.