Ustadku

Waktu Sangat Mahal (Part 1) Manfaatkan 5 Perkara Sebelum Wafat

Sahabat ustad yang dirahmati Allah, waktu adalah sesuatu yang berharga, sekaya apapun manusia yang didunia ini tidak akan bisa membeli waktu, itulah mengapa Allah berfirman وَالْعَصْرِ  wal-‘aṣr yang berarti Demi masa. Allah bersumpah demi waktu bahwa waktu sangat mahal, bahkan tidak dapat dibeli, jika waktu dapat dibeli maka semua orang yang sudah mati akan membeli waktu untuk hidup lagi.

 

Rasullulah SAW menyatakan manfaatkan” lima hal sebelum datang lima” yang pertama adalah manfaatkan waktu mudamu sebelum tua.  Selagi kita muda perbanyaklah ibadah untuk bekal pulang kita nanti, karna saat kita tua tidak banyak hal lagi yang bisa kita lakukan karna terbatasnya usia dan fisik yang akan menghabat kita dalam beribadah kepada Allah. Jadi selagi kita muda perbanyaklah ibadah unduk mendekatkan diri kepada Allah swt.

 

Yang kedua adalah masa luang sebelum sempit, orang yang banyak membuang waktu dengan hal yang percuma dan mereka tidak sadar bahwa waktu luang sangatlah mahal, maka manfaatkanlah masa luang sebelum sempit. Yang ketiga adalah masa kaya sebelum miskin, selagi kita ada rejeki perbanyaklah berbagi dan bersedekah kepada orang yang lain, apa yang kita sedekahkan adalah apa yang kita miliki sesungguhnya, karna akan sangat menyedihkan jika kita sudah miskin dan hanya bisa meminta kepada orang lain, harta kita adalah apa yang kita sedekahkan.