Ustadku

Amalan Baik yang Dianjurkan saat Bulan Ramadan

Sahabat ustadku yang dimuliakan oleh Allah SWT, semoga kita selalu berada dalam lindungan dan mendapat keberkahan dariNya.

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa bagi semua umat muslim, hanya terjadi sebulan dalam satu tahun dan dipenuhi dengan  keberkahan serta rahmat. Setiap amalalan baik kita di bulan Ramadan ini akan dilipat gandakan.

Bulan ini akan terasa sangat singkat, oleh karena itu selama sebulan penuh marilah kita isi bulan Ramadan dengan amalan-amalan bermanfaat yang dapat membawa kita kepada surganya Allah SWT. Untuk itu ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan selain ibadah puasa.

  • Menghatamkan Al-Qur’an dan tadarus

Amalan bulan puasa yang sangat di anjurkan untuk dilakukan adalah membaca dan menghatamkan Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah salah satu amalan baik dilakukan saat bulan Ramadan. Apalagi seperti yang kita tahu, jika bulan Ramadan ini adalah bulan yan diturunkannya Al-Qur’an seperti dijelaskan dalam firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya : “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…...”

Selain menjadi petunjuk Al-Quran, bisa membawa syafaat bagi orang yang membacanya. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis, dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Bacalah Al-Qur’an, karena Ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

Untuk itu membaca Al-Qur’an saat bulan puasa adalah hal yang sangat di anjurkan saat bulan Ramadan.

  • Memperbanyak sedekah

Kemudian amalan baik yang dilakukan saat bulan Ramadan adalah memperbanyak sedekah. Sedekah ini menjadi salah satu kegiatan yang selalu dilakukan oleh Rasulullah.

Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya. Beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307)

Oleh karena itu, saat bulan puasa sudah seharusnya kita memperbanyak sedekah sebagai mana yang ditunjukan oleh Rasulullah SAW. Saat bulan Ramadan, sedekah yang sangat dianjurkan adalah memberi makan orang yang berbuka, seperti yang disebutkan dalam sebuah hadis,  bahwa penting memberi buka kepada orang yang berpuasa.

Rasulallah SAW bersabda,

"Barang siapa yang memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun." (HR. Ahmad)

  • Salat wajib dan salat tarawih

Amalan selanjutnya yang harus dilakukan saat bulan Ramadan adalah salat wajib dan salat tarawih.

Salat wajib adalah kewajiban yang dilakukan oleh seluruh umat muslim. Baik saat bulan ramadan atau bulan-bulan biasa lainnya, karena salat sebenarnya menjadi pembeda dari seorang muslim dan orang-orang kafir, dimana Rasulullah SAW bersabda,

 بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257)

Maka salat wajib sangat harus dilakukan bagi setiap umat muslim. Kemudian, salat tarawih adalah sunnah hukumnya, tapi amalan inilah yang seharusnya tidak dilewatkan oleh seluruh umat muslim, karena banyak pahala yang bisa didapatkan saat salat tarawih. Salah satunya apa bila kita mendapatkan malam lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan, karena pada malam-malam mulia ini diturunkan Al-Qur’an. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah dalam surat Al-Qadr ayat 3,

لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

lailatul-qadri khairum min alfi syahr

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

  • Beritikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT

Mendekatkan diri kepada Allah adalah amalan yang harus dilakukan oleh seorang muslim apalagi saat bulan Ramadan. Mendekatkan diri kepada Allah adalah hal yang sangat penting untuk seorang muslim. Saat beritikaf, bisa kita lakukan di masjid, waktu terbaiknya di 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Pada sebuah hadis disebutkan bahwa, dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) Ia berkata: Rasulullah SAW selalu beritikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

  • Bertaubat

Manusia adalah mahluk yang tidak luput dari dosa dan kesalahan. Momentum Ramadan menjadi waktu yang sangat tepat untuk seseorang bertobat dan meminta ampunan kepada Allah atas setiap kesalahan yang dialakukan. Sesungguhnya Allah sangat mencintau hamba-hambaNya yang bertobat kepadanya, ini dijelaskan dalam firman Allah swt di surat Al-Baqarah ayat 222

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Rasullullah SAW juga bersabda,

َ كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

Setiap anak Adam pernah berbuat salah dan sebaik-baik yang berbuat salah adalah yang bertobat dari kesalahannya. (HR. At Tirmidzi no. 2499, Hasan)

Semoga amalan-amalan baik ini bisa diterapkan selama bulan Ramadan, sehingga kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

Wasallamuallaikum wr, wb.