Ustadku

Makanan dan Minuman yang Dianjurkan saat Buka Puasa

Sahabat ustadku yang diberkahi oleh Allah SWT, semoga kita selalu mendapatkan keberkahannya dan selalu berada dalam lindunganNya.

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat penting dan dinantikan untuk semua umat muslim. Bulan ini tidak hanya membawa keberkahan, tapi juga bisa menjadi salah satu jalan untuk menjadi sehat. Beberapa penelitian telah membuktikan bagaimana puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, hal ini juga harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang  baik untuk tubuh kita. Lalu, seperti apa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa? Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk dimakan saat berbuka puasa:

 

  • Kurma

Kurma adalah salah satu makanan buka puasa yang sehat. Buah yang berasal dari wilayah Mediterania ini mengandung banyak mineral dan kalsium yang baik untuk tubuh. Rasa manis dari kurma bisa menjadi penawar alami untuk asam lambung yang timbul saat berpuasa. Buah ini juga menjadi salah satu pilihan bagi Rasulullah, saat berbuka puasa lho! Hal ini dijelaskan dalam sebuah Riwayat Abu Daud,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356)

 

  • Air mineral

Saat kita berpuasa tentunya tubuh akan kekurangan banyak cairan dan bisa membuat seseorang dehidrasi dan membuat orang merasa lelah. Untuk memulihkan kembali energi dan cairan yang hilang saat berpuasa, minum air mineral dalah pilihan yang tepat untuk berbuka.

 

  • Madu

Tidak hanya mengandung antioksidan yang tinggi, madu juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Madu berguna untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung. Madu dapat memperlancar metabolisme tubuh setelah berpuasa seharian. Dengan minum madu sebelum makan makanan berat, akan lebih mengontrol napsu makan kita, sehingga berat badan juga akan seimbang.

 

  • Air kelapa murni

Air kelapa juga merupakan salah satu minuman yang bisa mengganti cairan yang hilang dalam tubuh selama puasa. Namun, mengonsumsi air kelapa yang dicampurkan dengan gula atau santan sangat tidak disarankan karena dapat merusak kandungan elektrolit yang ada di dalamnya.

 

  • Beras merah

Karbohidrat adalah hal yang sangat di butuhkan oleh manusia, tapi dalam beras merah terdapat karbohidrat yang lebih kompleks dari pada jenis beras lainnya. Hal ini membuat beras merah lebih istimewa. Beras merah sangat kaya akan serat dan mineral, sehingga baik untuk kesehatan dan mengenyangkan lebih lama.

 

  • Yoghurt

Kebanyakan orang akan memilih berbuka dengan sesuatu manis, namun terkadang malah berlebihan. Padahal manis yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Minuman berbuka puasa yang baik adalah minuman yang tidak mengandung pemanis buatan. Carilah minuman alami yang baik untuk tubuh seperti Yoghurt. Minuman ini dipercaya sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan saat berpuasa.

 

  • Telur

Telur memiliki kandungan protein dan asam amino yang dipercaya dapat memperbaiki sel otot setelah seharian kita berpuasa dan beraktivitas. Kegiatan kita sehari-hari tentunya memakan banyak energi, untuk itu telur sangat disarankan sebagai salah satu makanan untuk berbuka puasa. Namun, mengonsumsi telur saat berbuka alangkah lebih baiknya tidak menggunakan banyak garam atau diolah terlalu pedas, karena mengkonsumsi garam saat berbuka puasa, malah akan membuat tubuh semakin banyak kehilangan cairan.

Makanan dan minuman di atas adalah makanan yang sangat disarankan untuk dijadikan menu saat berbuka puasa. Walaupun puasa itu baik untuk tubuh, alangkah lebih baiknya kita menjaga segala hal yang akan masuk ke dalam tubuh kita, agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Semoga hal ini bisa bermanfaat.

Wasalamuallaikum wr,wb