Ustadku

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Bulan Puasa

Sahabat ustadku yang diberkahi oleh Allah SWT, semoga kita selalu berada dalam lindungan dan menjadi orang-orang yang selalu dimuliakan olehNya.

Buka puasa merupakan hal yang dinantikan bagi setiap orang yang puasa. Terkadang orang yang berpuasa cenderung memilih menu buka puasa yang mereka gemari. Namun, kadang makan ini malah berdampak tidak baik untuk tubuhnya, seperti gorengan, es sirup dan masih banyak lagi. Untuk itu, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang seharusnya dihindari oleh orang yang berbuka puasa,

  • Gorengan

Makanan yang digemari oleh banyak orang, dan sering menjadi menu favorit untuk berbuka puasa. Namun, ingatlah jika gorengan mengandung lemak yang sangat tinggi karena proses penggorengannya yang menggunakan minyak dalam jumlah banyak. Lemak pada gorengan tidak baik dan menimbulkan naiknya asam lambung yang akan membuat perut merasa tidak nyaman.

 

  • Minuman bersoda

Minuman bersoda mungkin terlihat sangat menggiurkan dan menyegarkan saat berbuka. Minuman bersoda memiliki kandungan gas karbondioksida yang akan membuat perut menjadi kembung. Selain itu, minuman bersoda juga dapat membuat orang yang meminumnya menjadi dehidrasi dan berdampak buruk bagi orang yang berbuka puasa.

 

  • Ubi dan singkong

Makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa juga dikonsumsi alternatif pengganti dari nasi. Satu hal kita perlu tahu, jika ubi dan singkong mengandung banyak gas dan membuat lambung menjadi sakit. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan ini agar perut tetap terasa nyaman.

 

  • Coklat

Banyak orang yang mengatakan untuk berbuka dengan yang manis, tetapi jangan menjadikan coklat sebagai makan manis untuk berbuka, karena coklat adalah salah satu makanan yang bisa membuat asam lambung naik. Kandungan kafein, lemak dan kandungan kokoa pada coklat ini yang menjadi faktor naiknya asam lambung.

 

  • Susu tinggi lemak

Produk olahan yang terbuat dari susu mengandung lemak tinggi. Makanan yang berlemak tinggi cenderung membuat asam lambung meningkat sehingga membuat perut merasa begah dan kembung sehingga membuat orang merasa mual. Jika memang ingin mengonsumsi produk olahan susu, sebaiknya dilakukan saat perut telah terisi dengan makan berat terlebih dahulu.

 

  • Kafein

Minuman berkafein seperti kopi menjadi salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang. Namun diketahui, kandungan kafein saat perut kosong hanya akan membuat perut bermasalah. Untuk itu, jangan jadikan kopi sebagai minuman pembuka saat berbuka puasa.

 

  • Buah yang mengandung gas

Buah memang salah satu makan sehat yang bisa dijadikan menu buka puasa. Namun, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa, yaitu buah yang mengandung gas. Buah-buahan yang mengandung gas, antara lain adalah pisang, Nangka, tomat, dan anggur kering atau kismis. Hindarilah buah-buah ini karena buah ini bisa memicu naikanya naiknya asam lambung.

Itulah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa, agar setelah berbuka, kita merasa nyaman dan tidak mengganggu aktivitas ibadah selanjutanya. Semoga pembasan ini dapat bermanfaat.

Wasalamuallikum wr, wb