Ustadku

Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

Sahabat ustadku yang dimuliakan oleh Allah SWT, semoga kita selalu berada dalam lindungan dan mendapatkan kebahagiaan serta rahmat dariNya.

Bulan Ramadan adalah bulan ditururukannya Al-Qur’an, sehingga bulan ini disebut bulan Al-Qur’an. Sebagai seorang muslim yang beriman, hendaknya kita memberikan perhatian yang lebih kepada Al-Quran di bulan ini. Allah mengatakan sebuah keutamaan membaca Al-Quran, disebutkan dalam firmannya di surah Faathir ayat 29-30,

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَٰرَةً لَّن تَبُورَ

لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِۦٓ ۚ إِنَّهُۥ غَفُورٌ شَكُورٌ

Innallażīna yatlụna kitāballāhi wa aqāmuṣ-ṣalāta wa anfaqụ mimmā razaqnāhum sirraw wa 'alāniyatay yarjụna tijāratal lan tabụr (29)

Liyuwaffiyahum ujụrahum wa yazīdahum min faḍlih, innahụ gafụrun syakụr (30)

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, (29)”

“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri (30)”

Dalam surat ini dijelaskan bagaimana pentingnya membaca Al-Qur’an bagi seorang muslim. Tidak hanya untuk mendapat pahala, tapi juga mendapatkan karunia dari Allah SWT. Sahabat ustadku sekalian, ada banyak hal yang bisa menjadi keutamaan bagi seseorang yang membaca Al-Qur-an. Salah satu keutamaannya adalah mendapatkan amalan yang dilipat gandakan hingga 700 kali lipat, dijelaskan dalam sebuah Riwayat, dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat. Allah Swt. berfirman: Kecuali puasa, sesungguhnya itu untuk-Ku, dan Aku yang langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku.” (HR. Muslim)

Sebuah Riwayat juga menjelaskan, jika membaca satu huruf dalam Al-Qur’an akan memperoleh 10 kebaikan. Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Kemudian, orang yang membaca Al-Qur’an juga akan bersama para malaikat, hal ini dijelaskan dalam hadis, dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Orang yang lancar membaca Al Quran akan bersama malaikat utusan yang mulai lagi berbakti, sedangkan orang yang membaca Alquran dengan tersendat-sendat lagi berat, maka ia akan mendapat dua pahala.” (HR Muslim)

Orang yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an, akan mendapat dua pahala, yaitu hasil dari membaca Al-Qur’an dan pahala karena telah bersusah payah dalam membaca Al-Qur’an. Kemudian, hal lain yang didapatkan oleh orang yang membaca Al-Qur’an adalah dijauhi dari godaan setan, mendapatkan syafaat di hari akhir, membangun fikiran positif, dan masih banyak lagi.

Kemudian, saat kita membaca Al-Qur'an bukan hanya orang yang membacanya yang dapat syafaat, tapi orang tua dari orang yang membaca Al-Qur’an juga akan mendaptkaan syafaatnya. Derajat orang tuanya akan diangkat saat di akhirat nanti, hal ini di jelaskan dalam riwayat dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya lebih indah daripada cahaya matahari di rumah-rumah di dunia ini. Maka apa pendapatmu tentang orang yang mengamalkannya?” (HR. Abu Dawud)

Begitu banyak keutamaan dan manfaat yang bisa didapatkan bagi orang yang membaca Al-Qur’an, apalagi membacanya di bulan ramadan yang penuh berkah ini. Sahabat ustadku sekalian, marilah kita perbanyak membaca Al-Qur’an karena sangat banyak manfaat dan pahala yang bisa didapatkan dari hal tersebut. Semoga di bulan Ramadan, kita semakin rajin dalam membaca Al-Qur’an dan menjadi ahli ibadah yang akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Wasalamuallaium wr, wb.