Ustadku

Pahala Salat Tahajud di Malam hari Selama Bulan Ramadan

Sahabat ustadku yang dimuliakan oleha Allah SWT, semoga kita selalu berada dalam lindungan dan mendapat keberkahan dari Allah.

Salat tahajud adalah salah satu amalan yang sering dilakukan dan menjadi salah satu sunnah yang di contohkan oleh Rasulullah SAW. Salat tahajud menjadi salah satu salat sunnah yang dianjurkan bagi umat Islam terutama di bulan suci Ramadan ini. Diriwayatkan dari 'Ubadah bin Ash-Shamit r.a. bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam (SAW) pernah bersabda: 

"Siapa yang bangun pada malam hari kemudian mengucapkan bacaan (yang artinya) 'Tiada Tuhan selain Allah, tiada sekutu bagiNya, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatun segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah. Kemudian dia berdoa 'Ya Allah! ampunilah dosaku!' atau berdoa selain itu, maka akan dikabulkan. Jika dia berwudhu kemudian mengerjakan shalat, maka shalatnya diterima" (HR. Bukhari)

Kemudian, ada beberapa keutamaan lainnya bagi orang yang melakukan salat tahajud di malam hari saat Ramadan. Pertama, orang tersebut akan mendapatkan kedudukan yang terpuji, sebagaimana yang dijelaskan dalam firman Allah dalam surah Al-Isra ayat 79,

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Kemudian, orang yang salat malam juga dijanjikan surga kepadanya. Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat dimana Rasulullah SAW bersabda,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Keutamaan lainnya yang didapatkan saat salat tahajud adalah dikabulkannya doa-doa orang tersebut. Seperti yang disebutkan dalam sebuah riwayat, dimana Rasulullah SAW bersabda,

Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” (HR Bukhari dan Muslim)

Kemudian, dengan salat tahajud di malam hari akan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Salat malam menjadi salah satu cara terbaik bagi kita sebagai hamba Allah untuk mendekatkan diri kepadaNya. Saat kita dekat dengan Allah, maka kita akan merasa tenang dan terlindungi dari segala hal yang akan terjadi karena kita akan selalu merasa bahagia dan tercukupi.

Namun, di antara kita pasti ada yang bertanya, apa perbedaan salat tarawih dan salat tahajud? Pada dasarnya salat tarawih dan salat tahajud termasuk ke dalam salat malam atau yang disebut dengan Qiyamul Lail. Hal yang membedakannya adalah waktu pengerjaannya, salat tarawih dikerjakan sebelum tidur dan salat tahajud dikerjakaan setelah bangun tidur. Perbedaan lainnya adalah salat tahajud dapat dikerjakan kapan saja, sementara salat tarawih hanya dikerjakan saat bulan Ramadan.

Sahabat ustadku sekalian, begitu banyak keutamaan yang kita dapatkan saat menjalankan ibadah salat tahajud di bulan Ramadan. Untuk itu, janganlah bermalas-malasan dalam melakukan ibadah malam, karena sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari amalan baik ini. Semoga hal ini bermanfaat.

Wasallamuallaikum wr, wb.