Ustadku

Bersedekah di Bulan Ramadan

Sahabat ustadku yang dirahmati oleh Allah SWT, semoga kita selalu berada dalam lindungan dan mendapatkan nikmat kesehatan serta keberkahan dariNya.

Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia, dimana semua amalan baik akan dilipatgandakan dan oleh Allah SWT. Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah sedekah, yang mana harus dilakukan oleh semua umat Islam. Hal ini sangat dianjurkan oleh Rasullullah SAW, bahkan Rasulullah SAW saat bulan Ramadan menjadi lebih dermawan. Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat yang diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu'anhuma :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus,” (HR. Bukhari, no.6).

Sangat banyak keutamaan yang bisa didapatkan saat sedekah di bulan Ramadan. Berikut adalah keutamaan yang didapatkan saat bersedekah di bulan Ramadan.

  • Menggabungkan puasa dengan sedekah dan salat malam, jaminannya surga.

Seperti yang kita tahu jika di bulan Ramadan, semua amalan akan dilipatgandakan. Hal ini ada dalam sebuah riwayat dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.'” (HR. Muslim no.1151)

Begitu juga dengan salat malam yang jika dikerjakan bisa menghapus dosa yang telah lalu, seperti sabda Rasulullah SAW,

“Orang yang salat malam karena iman dan mengharap pahala akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari no.37, 2009, Muslim, no. 759).

Kemudian jika amalan puasa, sedekah, dan salat malam digabungkan maka balasannya adalah jaminan surga bagi orang yang melakukannya. Hal ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984)

  • Mendapatkan tambahan pahala dari orang lain

Saat bersedekah, tentu kita tahu jika amalan sedekah itu akan dilipatgandakan dan dengan bersedekah kita akan mendapatkan tambahan pahala dari orang lain. Salah satu jenis sedekah yang disarankan untuk dilakukan dibulan puasa menurut Rasullullah SAW mengatakan dalam sabdaNya,

 فطر صائما كان له مثل أجره ، غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا

“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807)

Memberi makan orang berbuka puasa cukup dengan memberikan 3 butir kurma atau hanya segelas air putih, tentunya hal ini akan lebih baik lagi jika kita memberikannya dalam jumlah yang lebih.

  • Pahala dilipatgandakan hingga 700 kali lipat

Setiap amalan dan kebaikan yang dilakukan saat bulan Ramadan akan diilipatgandakan oleh Allah SWT dari 10 hingga 700 kali lipat. dimana Rasulullah SAW menjelaskan,

“Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, namun tidak mengamalkannya, Allah mencatat baginya satu pahala kebaikan sempurna. Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, lalu mengamalkannya, Allah mencatat pahala baginya 10 sampai 700 kali lipat banyaknya.” (HR. Muslim no.1955)

Dari tiga keutamaan di atas, sangat jelas jika sedekah di bulan Ramadan adalah hal yang harus dilakukan, agar bisa mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya dan juga mendapat keridhaan Allah SWT. Untuk itu di bulan yang mulia ini, marilah kita isi dengan amalan-amalan baik seperti sedekah, salat malam, dan tentunya melakukan puasa, serta ibadah wajib lainya. Saat kita melakukan semua amalan baik di bulan Ramadan, maka insya Allah kita akan diberikan jaminan surga oleh Allah SWT, semoga hal ini bisa bermanfaat.

Wasallamuallaikum wr, wb.