Ustadku

Kehebatan Sedekah!

Sahabat ustadku yang dirahmati oleh Allah SWT, semoga kita selalu berada dalam lindungan dan mendapatkan nikmat keberkahan dariNya.

Tahukah jika ada semua amalan yang sangat ingin dilakukan oleh saudara kita yang telah meninggal jika dia dihidupkan kembali? Apakah amalan itu? Amalan tersebut adalah sedekah. Kenapa orang yang telah mati memilih sedekah sebagai amalan yang sangat ingin dilakukan jika dia dihidupkan kembali? Kenapa mereka tidak memilih amalan lain seperti salat, puasa atau amalan baik lainnya?

Allah SWT menjelaskan dalam firmannya di surah Al-Munafiqun ayat 10

وَأَنفِقُوا۟ مِن مَّا رَزَقْنَٰكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَآ أَخَّرْتَنِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Wa anfiqụ mimmā razaqnākum ming qabli ay ya`tiya aḥadakumul-mautu fa yaqụla rabbi lau lā akhkhartanī ilā ajaling qarībin fa aṣṣaddaqa wa akum minaṣ-ṣāliḥīn

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"

Dalam sebuah hadis juga menjelaskan kehebatan sedekah, dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskan perkara-perkara di antara manusia” (HR. Imam Ahmad)

Maka dari hadist dan ayat di atas menjelaskan bagaimana sedekah adalah amalan yang hebat hingga orang yang telah meninggal pun hanya ingin bersedekah jika dihidupkan Kembali. Keutamaan sedekah sangat banyak tidak hanya mendapatkan manfaat di dunia tetapi juga mendapatkan manfaat di akhirat nanti.

Berikut adalah beberapa keutamaan yang akan didapatkan jika bersedekah:

  • Menyucikan diri

Saat bersedekah dengan harta yang kita miliki, sebenarnya kita sedang menyucikan diri dari perbuatan dosa dan juga membersihkan harta kita dari hal-hal yang mengandung unsur haram. Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan sikap taubat yang sesungguhnya kepada Allah SWT.

  • Terhindar dari marabahaya dan menenangkan hati

Orang yang besedekah akan selalu dilindungi oleh Allah SWT, dan seperti dalam sebuah riwayat menyebutkan jika, Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah” (HR. Imam Baihaqi)

Sedekah juga menenangkan hati orang yang bersedekah karena timbul rasa senang setelah berbagi dengan sesama.

  • Sebagai jaminan hari akhir dan terbebas dari siksan kubur

Orang yang bersedekah adalah golongan orang yang akan selalu mendapatkan pertolongan di hari akhir nanti. Jika seseorang bersedekah dengan ikhlas karena Allah, maka hal ini akan menjadi pelindungnya karena sedekah adalah pelindung terbaik di hari akhir nanti.

Orang yang bersedekah juga akan dihindarkan dari siksa kubur, karena sedekah termasuk salah satu pelindung  dari siksa kubur. Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Sedekah akan memadamkan siksaan di dalam kubur” (HR. Thabrani)

  • Meninggal dengan tenang dan dapat menjadi penerang dalam kuburuan

Orang yang sering bersedekah dengan ikhlas karena Allah akan sangat dimudahkan saat kematian menjempunya nanti. Allah akan memberikan kematian yang tenang baginya. Tidak hanya mendapatkan ketenangan saat meninggal, orang yang sering bersedekah akan membuat amalan sedekahnya itu menjadi penerang saat dia berada dalam kubur nanti.

 

Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersedekah. Kita bisa mendapatkan keutamaan tidak hanya di dunia saja, namun bisa juga mendapatkan syafaatnya saat meninggal nanti dan saat kita berada di hari akhir nanti. Untuk itu sahabat ustadku sekalian marilah kita memperbanyak sedekah kepada orang yang membutuhkan, niscaya Allah akan selalu melindungi kita di dunia dan di akhirat nanti, semoga bermanfaat.

Wasalamuallaikum wr, wb.